Home Berita KH Abdussomad: Membangun Kemandirian Umat Dimulai dari Desa

KH Abdussomad: Membangun Kemandirian Umat Dimulai dari Desa

by MUI Jatim
0 comment 171 views
Ketua MUI Jatim, KH Abdussomad Buchori saat panen perdana bawang putih 
MUI Jatim | Bondowoso–Ketua MUI Jatim, KH Abdussomad Buchori mengajak semua pihak ambil bagian memakmurkan masyarakat. Baik itu dilakukan para ulama, umara dan masyarakat.
“Membangun negara diperlukan ilmunya ulama, adilnya para pejabat, dan kedermawanan orang-orang kaya.Karenanya,  Jangan sampai kekayaaan berputar pada orang-orang tertentu, tapi harus merata, ” ujarnya saat menghadiri panen perdana bawang putih Pusat Inkubasi Bisnis Syariah (Pinbas) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur  di desa Sempol, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Sabtu (3/8) siang.
Menurut Kiai Somad, arus baru ekonomi harus dimulai dari bawah, sambil mengutip Quran Surat al- A’raf: 96, yang artinya “Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri (al-quro) beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.”
Quro adalah jamak dari al-qoriyah yang artinya kampung/desa. Jadi membangun ekonomi ummat harus dari desa,” tambahnya.
Menurut Ketua MUI Pusat ini, ekonomi harus kita garap, karena kefakiran hanya akan mendekatkan orang pada kerusakan, tambahnya.
“Ulama umara perlu menyatu dalam pembangunan umat agar lahir baldatun tayyibatun warabun ghafur.”
Panen perdana bawang putih yang diinisiasi Pinbas-MUI Jatim ini merupakan hasil tanam pertama yang dimulai bulan Pebruari 2019.
Hadir dalam panen ini Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, pejabat perhutani, petani bawang dan para undangan.
“Panen ini agak terlambat, Karena baru kita mulai tanam bulan Pebruari. Biasanya tanam bawang di musim hujan, sekitar bulan Oktober-Nopember, ” ujar Ketua Pusat Inkubasi Bisnis Syariah (Pinbas) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur Ir Wahid Wahyudi, Wahid Wahyudi saat memulai sambutan.
Wahyudi menjelaskan, Pinbas MUI Jatim adalah satu satunya lembaga ekonomi di bawah MUI yang otonom, untuk mengenbangkan ekonomi berbasis syariah. (Ahmad)

You may also like

Leave a Comment