Home Berita MUI Jatim: KH Hasyim Muzadi Tempatkan Nilai Agama dan Negara secara Proporsional

MUI Jatim: KH Hasyim Muzadi Tempatkan Nilai Agama dan Negara secara Proporsional

by MUI Jatim
0 comment 135 views

Mantan Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Hasyim Muzadi meninggal dunia pada pada Kamis (16/3/2017) sekira pukul 06.15 WIB. Bangsa Indonesia sangat kehilangan, terutama warga Nahdhliyyin atas meninggalnya tokoh yang akrab disapa Pak Hasyim ini.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur KH Abdussomad Bukhori menilai, sosok KH Hasyim sebagai tokoh yang moderat dalam menjaga nilai-nilai agama dan negara.

“Beliau bisa menempatkan nilai-nilai agama dan negara secara proporsional. Dalam berpolitik juga demikian. Saya kira belum ada tokoh seperti Pak Hasyim sepeninggal beliau,” kata Kiai Abdussomad kepada Okezone, Kamis (16/3/2017).

Sebagaimana diketahui, sepak terjang KH Hasyim tidak diragukan lagi di Indonesia. Selain pernah menjabat sebagai Ketua PBNU selama dua periode, Pak Hasyim juga pernah maju sebagai cawapres tahun 2004, berpasangan dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Pak Hasyim juga menjabat sebagai Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) di era pemerintah Presiden Joko Widodo.

“Menurut saya Pak Hasyim bisa menjaga nilai-nilai agama. Saya kenal baik. Terakhir saya membesuk bersama teman-teman dari MUI Jatim dan sempat berdiskusi dengan beliau,” kata Kiai Abdussomad.

Dalam diskusi tersebut sempat terlontar pemikiran terkait persoalan bangsa hari ini.

Kata Kiai Abdussomad, Pak Hasyim hanya berpesan bagaimana sejumlah tokoh yang ada saat ini bisa mawas diri untuk menyikapi segala persoalan serta mengedepankan nilai-nilai agama dan kebangsaan.

“Kami melihat beliau adalah sosok negarawan,” jelasnya.

Seperti diketahui, kesehatan Kiai Hasyim menurun sejak beberapa bulan terakhir. Bahkan, Presiden Joko Widodo sempat menjenguknya pada Rabu 15 Maret 2017.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, anggota Dewan Pertimbangan Presiden itu akan disemayamkan di Pondok Pesantren Al Hikam, Depok, Jawa Barat. Ia diterbangkan dari Malang siang nanti. (Okezone)

You may also like

Leave a Comment